Sabtu, 31 Maret 2012

Flash Dryer

Flash Dryer adalah sebuah instalasi alat pengering yang digunakan untuk mengeringkan adonan basah dengan mendisintregasikan adonan tersebut kedalam bentuk serbuk  dan mengeringkanya dengan mengalirkan udara panas secara berkelanjutan.

Proses pengeringan yang terjadi di Flash dryer berlangsung dengan sangat cepat. kaan secara instan. Seperti asal katanya “flash” yang berarti kilat. Maka alat ini mengeringkan bahan yang dikeringkan dengan sangat cepat, dalam hitungan milisekon.

Berikut adalah skematik dari Flash Dryer


Cara Kerja Flash Dryer
Bermula dari Feed Mecanism, bahan yang akan dikeringkan dimasukan kedalam balance tank. Di dalam balance tank, bahan tersebut diaduk oleh stirer agar teragitasi yang bertujuan untuk mendapatkan campuran bahan yang  homogen agar lebih mudah dialirkan pada proses selanjutnya. Setelah stirer, kemudian bahan melalui screw feeder yang akan mengangkut bahan tersebut ke dalam disintegrator. Screw Feeder inilah yang mengatur banyak sedikitnya bahan yang masuk kedalam disintegrator. Sebelum masuk kedalam disintegrator, pada ujung screw feeder, terdapat distributor, yang berbentuk "small nodule", yang berfungsi untuk memecah kembali bahan pengering agar tidak berbentuk gumpalan ketika memasuki disintegrator. Dengan adanya distributor ini, maka akan meringankan kerja disintegrator dalam memecahkan dan mengeringkan bahan. Karena setelah melewati distributor, bahan menjadi terurai kembali dan luas permukaannya juga meningkat. 

Dari Feed Mechanism, bahan memasuki proses Cage Mill Disintegrator, yang selanjutnya disebut dengan disintegrator. Jatung dari Flash Dryer adalah pada disintegrator. Pada bagian ini bahan dirubah dalam bentuk serbuk dan dipanaskan. Panas didapat dari hot air generator yang disalurkan kedalam disintegrator. Sekitar 70% pemanasan bahan terjadi didalam disintegrator. Dari disintegrator, melalui tekanan udara panas dari generator, bahan disalurkan ke drying duct. Pemanasan selanjutnya terjadi disini. Selang waktu yang dibutuhkan bahan yang dikeringkan untuk melewati dry duct sering disebut dengan residence time of drying. 

Kemudian bahan memasuki ruang yang disebut dengan cyclone untuk memisahkan antara bahan dan udara. Karena pengaruh gaya tangensial dan gravitasi, partikel-partiket tersebut jatuh kebawah dan masuk kepenampungan. Beberapa partikel yang sangat kecil terbawa oleh udara dan memasuki ruang bag filter.Disini udara dan partikel tersebut disaring kembali, sehingga udara yang keluar dari pipa pengeluaran dalam bentuk udara bersih. Partikel yang tertangkap oleh filter, disampaikan keruang penampungan bersama partikel sebelumya yang jauth pada ruang cyclone. 

Pada Flash Dryer terdapat dua blower pada sisi masuk dan sisi keluar, yang berfungsi untuk mendorong dan menarik udara untuk memastikan kelancaran aliran udara didalam Flas Dryer dan agar tidak terjadi tekanan balik atau presser drop. 

Aplikasi Flash Dryer
Flash Dryer cocok digunakan untuk mengeringkan bahan yang sensitif terhadap panas.Flash Dryer tidak cocok digunakan untuk material yang dapat menyebabkan erosi pada alat dan berminyak. 
Penerapan : 
Digunakan untuk mengeringkan bahan-bahan pada perusahaan
¢  Chemicals (pembuatan bahan Anorganik & Organik)
¢  Chemicals (pembuatan Pestisida dan Bahan Kimia Pertanian)
¢  Chemicals (pembuatan Zat warna dan Pigmen)
¢  Pupuk (pembuatan pupuk organik & anorganik)
¢  Keramik
¢  Industri Makanan
¢Industri Farmasi (untuk pembuatan obat-obatan herbal)


3 komentar: