Kamis, 22 November 2012

Kata-kata Pertama Pep



BARCELONA – Pidato pertama Josep Guardiola kepada pemain-pemain Barcelona setelah dirinya ditunjuk sebagai pelatih klub Katalan itu pada 2008 silam terjadi di sebuah hotel di St. Andrews, Skotlandia.

Kenapa terjadi di Skotlandia? Itu karena Barca tengah menjalani masa pramusim. Pidato pertama Pep ini terkuak dalam buku terbaru berjudul ‘Pep Guardiola: Another Way of Winning’ yang ditulis oleh jurnalis kenamaan sepak bola Spanyol Guillem Ballague.

“Saudara-saudara, selamat pagi. Kalian bisa membayangkan betapa besarnya motivasi saya berada di sini, melatih tim ini. Sungguh kehormatan yang sangat besar,” kata Pep seperti dikutip dari Football-Espana.

“Di atas semuanya, saya cinta klub ini. Saya tak pernah berniat merugikan klub. Semua yang saya lakukan didasari kecintaan pada klub ini,” kata Pep.

“Kita butuh kepatuhan dan disiplin. Tim ini telah menjalani masa-masa tertentu dan tidak semuanya bersikap profesional sebagaimana mestinya,” kata Pep.

“Saya telah menjadi bagian dari klub ini untuk waktu yang lama, dan saya belajar dari kesalahan di masa lalu. Saya akan membela kalian sampai mati, tetapi saya juga akan sangat menuntut kepada kalian semua: seperti yang saya lakukan pada diri saya sendiri,” kata Pep.

“Saya hanya meminta ini pada kalian. Saya takkan menjelaskan kesalahan umpan ataupun kesalahan sundulan yang berakibat kebobolan, sepanjang kalian memberikan 100 persen,” kata Pep.

“Saya akan memaafkan semua kesalahan yang kalian buat, tapi saya takkan memaafkan jika kamu tidak memberikan seluruh hati dan jiwa kalian bagi Barcelona,” kata Pep.

“Gaya kalian akan meneruskan sejarah dari klub ini di mana kita semua mempercayainya. Ketika menguasai bola, kita tidak boleh kehilangan. Bila kehilangan bola, lari dan rebut kembali. Sesederhana itu,” kata pria berusia 41 tahun ini.


Sumber : http://bola.okezone.com/read/2012/11/20/46/720448/kata-kata-pertama-pep-di-hadapan-pemain-barca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar