Selasa, 28 Agustus 2012

Masalah dalam Hidup


Kehidupan bagaikan roda yang terus berputar. Mungkin itu adalah istilah yang sering didengar oleh kita semua. Namun tak banyak orang yang memahaminya secara mendalam. 

Pernahkan anda merasa sangat frustasi, dilimuti dengan kecemasan dan ketakutan yang teramat saat melewati masa-masa sulit dalam hidup..? Ada dua hal disini, menyerah atau terus memperjuangkannya.
Orang-orang yang menganggap masalah adalah sebuah hambatan, maka mereka akan cenderung untuk menyerah dan pasrah terhadap keadadaan. Mungkin dia akan mengurung diri didalam kamar karena takut untuk menghadapi masalah itu. Atau melakukan hal apapun untuk menghindari penyelesaian akan masalah tersebut. Emm.. coba anda pikirkan sejenak, bukankah tindakan seperti itu akan merunyamkan masalah yang kita hadapi? Menunda penyelesaian terhadap suatu masalah sama dengan menumpuk masalah tersebut. Bukan begitu..? Karena setiap waktu yang terus mengalir, maka masalah pun turut mengalir pula bersamanya. Jika masalah yang bisa diselesaikan hari ini ditunda penyelesaiannya, maka dia akan menumpuk dan mengerak.  Semakin sulit untuk diselesaikan atau mungkin tak terselesaikan. 

Perlu kita sadari, bahwa kehidupan ini penuh dengan permasalahan. Semakin tinggi jabatan, semakin tinggi masalah yang dihadapi. Semakin hebat kemampuan, semakin hebat pula masalah yang dihadapi. Emm.. tapi hal ini tidak seharusnya dijadikan sebagai  pembatas untuk kita terus berkembang dan mengindar dari masalah-masalah yang besar. Karena setiap orang akan memiliki derajat yang berbeda  di hadapan Tuhan dan orang lain yang diukur dari besarnya permasalahan yang mampu dia tangani. Lantas.. apakah anda tidak ingin menjadi orang yang terbaik dan membawa banyak manfaat untuk orang lain? Disayang Tuhan dan disayang banyak orang. 

Lantas bagaimana agar kita tetap menikmati hidup ini dengan segudang masalah yang harus kita hadapi..? Sederhana saja, ini hanya masalah sebuah anggapan saja yang kita berikan terhadap permasalahan yang kita hadapi. Jika kita menganggapnya sebagai sebuah monster yang siap menerkam, mungkin kita akan menjalani hidup ini dengan penuh ketakutan. Namun jika kita menganggap masalah sebagai seorang teman yang mendewasakan, membijakan, dan membuat kita semakin hebat, mungkin kita akan memiliki anggapan yang berbeda terhadap kehidupan yang kita jalanani meskipun terjal dan berliku. Karena semakin besar permasalahan, maka semakin kuat pula pijakan yang bisa kita gunakan untuk melompat lebih tinggi. 

Orang yang hebat bukanlah orang yang tak pernah jatuh, namun dia yang terus bangkit meski telah jatuh beribu kali. Dan orang yang hebat memiliki cara-cara sederhana dalam menghadapi masalah-masalah yang besar. 

Dunia yang kita liat adalah dunia yang ada dalam diri kita sendiri, anggapan kita sendiri. Maka buatlah dunia yang ada didalam diri kita sendiri seindah mungkin sehingga kita akan merasa selalu bahagia dan sangat menikmati setiap waktu yang berjalan menuju waktu penghabisan. 

Bisa..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar